LIFE

Susah Menelan Obat

Gw jadi teringat sekitar 5 tahun lalu gw masih diomelin nyokap gw dimana gw gak bisa nelen obat, dan gw dipaksa oleh emak gw. Alhasil gw kembung. Ya jelas gw kembung, air yang mana berfungsi untuk mendorong obatnya gw minum terus, sedangkan obat nya masih nyangkut disela-sela mulut. Saking keselnya gw gigit aja deh tuh obat terserah lah pahit atau gak. Saking keselnya ama tenggorokan gw yang gak bisa nelen obat ukuran kecil. Mungking gw kurang latihan menelan, sedangkan ade gw dari umur sd udah bisa nelen obat. Baguslah jarang minum obat, berarti jarang sakit. Puji Tuhan gw jarang sakit, kalau sakit pun palingan penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan meriang.

Sejak itu setiap obat tablet gw tumbuk dulu (dibuat puyer kaya anak balita) dan kapsul gw buka, dan gw buat puyer lagi dari bubuk kapsul itu. Tapi emang rasanya gak enak. Jadi gw selalu beli obat syrup. Untuk obat batuk dan pilek gw pilih obat Actif** syrup. Sedangkan untuk obat meriang gw pake tablet Panad** (tenang gw gak beli syrup untuk obat meriang, soalnya cuma ada Panad** Anak, kasih tau gw kalau ada obat meriang dalam varian syrup).

pill

Browsing sana sini nyari gimana cara mudah menelan obat tablet/kapsul. Tetep aja semua cara itu gak pernah gw coba. Karena semua cara itu ujung-ujungnya adalah ditelan (entah pakai metode kunyah pisang, nasi, atau apapun lah). Yang gw takutkan emang aktifitas menelan itu. Punya pengalaman kesedek permen kristal merk FO*, makan itu sambil tdran di mobil, terus ketelek (ketelen) sampai dimana tenggorokan gw sakit banget dan gw batuk-batukin tetep gak keluar juga, itu permen masih gede, tau sendiri kan permen FO* itu gede, tebal, dan gak lembek (FO* itu tipe hard candy – efek belajar confectionery di kuliah hahaha)

Kasih tau gw kalau ada cara mudah untuk mengonsumsi obat tanpa menelan bulat-bulat. Gak ada kan? Yaudah gw juga sudah puas akan kemampuan gw meminum puyer maupun syrup kok hahahaha. Emang sih ada gak enaknya juga gak bisa nelen obat. Salah satunya lama dan repot. Gw harus buka kapsul dan taro bubuk itu di sendok ato di kertas bersih untuk numbuk tablet. Kedua gw gak bisa minum supplement atau vitamin, kadang sebagai cewek, gw mau dong minum-minum vitamins yang menunjang kecantikan kulit dalam. Tapi apa daya, aku mah apa atuh cuma minum puyer dan syrup hahaha.

Inilah another keanehan dari gw. Tapi gw jadi bersyukur gak bisa nelen obat berarti Tuhan kasih gw kesehatan yang dimana kesehatan itu mahal. Makanya sering-sering ya readers tidur yang cukup, olahraga yang cukup, minum air putih yang banyak dan makan yang bergizi. Kurangin makan goreng-gorengan dan yang bersifat carcinogen (oke gak usah didengerin, nenek-nenek peyot juga udah tau, karena gw sendiri juga gak ikutin begituan kok hahaha). Olahraga masih gak teratur kalo lagi mau aja, makan juga pilih yang enak-enak dan minum air putih gak begitu banyak (Aduh jadi punya target minum air putih yang banyak nih teringat akan bibir yang pecah-pecah). Intinya be healthy and keep the doctors away (slogan ngaco ciptaan sendiri hahaha).

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Write a comment

error: Konten diproteksi!!