CULINARY Indonesian Jakarta

WARUNG BU KRIS KELAPA GADING

20160117_130809 edited

Oke ini adalah pertama kali gw mendengar tentang Bu Kris. Apa Bu Kris ini fenomenal ya? Kok gw gak kenal dan gak tau sih siapa dia. Ternyata kata Mr. V, Bu Kris itu terkenal jualan sambel di Surabaya.

Hebat banget kan, sambelnya saking enaknya dan di packaging  sedemikian rupa (walopun gw gak tau rupa packagingnya kaya gimana hahaha) sampe dikirim kemana-mana, sampe sekarang juga jualan sambel. Gak cuma sambel aja loh, ya namanya bisnis kan mau melebarkan sayapnya selebar-lebarnya, jadi Bu Kris tidak melewatkan kesempatan lainnya seperti buka Warung Makan.

Abis pulang gereja, walopun kita udah ngemil macem-macem (kaya es cincau dan bolu cheese cake di mobil) tapi masih laper aja. Bingung mau makan apa. Gw lagi ngidam makan sunda. Awalnya mau makan di Kemangi Kelapa Gading. Tapi gak dapet parkir (hiks), dan bingung makan apa.

Tanpa dapet persetujuan gw, Mr. V langsung melajukan mobil nya kearah ruko tepatnya di alamat Jalan Raya Boulevar Timur Blok ZD 01 – Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ruko nya terbilang besar. Kita awalnya gak dapet tempat duduk dibagian dalem. Akhirnya duduk di depan (mungkin smoking area, tapi syukur gak ada yang ngerokok saat itu dan gak lama kita dapet meja kosong di dalem rukonya, Puji Tuhan gak panas-panasan).

Duduk dan lihat menu. Kita pesen :

  1.   Ayam Penyet – Dada (IDR 22,000)
  2. Ikan Gurame Goreng (IDR 41,000)
  3. Tahu Telor (IDR 19,000)
  4. Nasi Putih 3 piring (awalnya pesen 2, tapi Mr. V kurang hahaha) (@ IDR 5,000/piring)
  5. Lalapan – Timun dan Kemangi (FREE)
  6. Es Aloe Vera (IDR 12,000)
  7. Soda Gembira Jumbo (IDR 15,000)

 

Ayam Dada Penyet

Ayam Penyet (Dada)
Ayam Penyet (Dada)

Ini pesenan Mr. V dia bilang ayam Bu Kris enak. Tapi untuk ukuran dada, isinya sedikit, mungkin ayamnya bukan ayam boiler. Bisa jadi ayam pejantan ato kampong (Ini kalo kata prediksi Mr. V). Ayamnya patut dicoba karena menurut gw (walopun nyoba dikit) rasanya enak, pas banget sama sambelnya).

 

Ikan Gurame Goreng

Ikan Gurame Goreng
Ikan Gurame Goreng

Bagi pencinta ikan, gw gak akan melewatkan ikan gurame, apalagi gak kesampean makan sunda. At least gw bisa makan ikan gurame disini (hahaha). Ikan ini kecil ukurannya tapi cukup buat dimakan sharing berdua. Rasa bumbunya enak tapi keasinan, untung nya gw pencinta asin jadi tetep enak dilidah. Tapi jangan samakan ikan gurame kaya di resto sunda. It’s totally different. Dari segi bumbu dan hasil gorengannya akan jadi beda juga. Tapi emang ikan gak pernah mengecewakan gw, rasanya selalu enak. Disini sambelnya terpisah. Soalnya bukan penyet (gitu kalo kata Mr. V). Nih menu paling enak kalo ditambahin kecap manis.

 

Tahu Telor

Tahu Telor
Tahu Telor

Awalnya gw gak tau apa itu Tahu Telor. Gw pikir tahu dicelupin ke kocokan telur lalu digoreng. Gak taunya pas liat makanan nya, Tahu Telor itu berbumbu kacang seperti di ketoprak. Tapi isinya cuma tahu goreng, telor dadar cukup besar, kacang kedelai yang disangrai ampe coklat dan kerupuk layaknya di ketoprak. Rasanya enak banget sebagai pelengkap menu-menu diatas biar ada kesan “nutty” (bukan naughty ya hahaha).

 

Lalapan – Timun dan Kemangi

Lalapan (Timun + Kemangi)
Lalapan (Timun + Kemangi)

Kemangi adalah salah satu favorit gw sebagai lalapan. Kalau untuk timun gw gak suka. Gw lupa untuk minta lalapannya kemangi aja, biar kemakan semua. Untungnya Mr. V gak suka lalapan (re: gak suka sayur kecuali daun bawang), karena kalau Mr. V suka lalapan gw pasti gak kebagian lalapan. Jadi kemangi bisa gw monopoli sendiri (hahaha). Lalapan disini lumayan royal, kadang makan di beberapa resto serupa lainnya lalapannya pelit banget. Daun dan timunnya fresh dan bersih.

 

Nasi Putih

Nasi Putih
Nasi Putih

Nasi putih disini porsinya lumayan (gak banyak gak sedikit), tapi kalo lagi laper, porsi ini dikatakan sedikit. Seperti Mr. V yang kurang karena lagi laper dan tepat jam makan siang. Kalau anda seperti Mr. V, siap-siap pesen 2 piring (hahaha).

Untuk masakan Indonesia enak kaya gini dan harga yang terbilang affordable, gw akan sukarela re-visit ke Warung Bu Kris lagi. Semoga kedepannya ada cabang di Bintaro jadi lebih deket hohoho. Apa kalian pernah makan Bu Kris sebelumnya? (loh kok terdengar kanibal ya? Hahaha). Maksudnya apakah kalian pernah coba makan di Warung Bu Kris? Kalau udah pernah coba share menu apalagi yang patut dicoba disana. Have a Good Day 🙂

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Write a comment

error: Konten diproteksi!!