CULINARY Indonesian Tangerang

BETAWI KITCHEN BENTON JUNCTION KARAWACI

Kelas yang dingin dan pelajaran yang bikin ngantuk, ditambah perut laper, enaknya makan sesuatu yang berkuah, hangat, dan menggugah selera.

Gw dan Ms. Con dikelas udah mikirin mau makan apa dan makan dimana. Akhirnya diputuskan makan siang di Betawi Kitchen tepatnya yang berada di Jl. Boulevard Palem Raya No. 38 Lippo Karawaci 1200 Curug Neglasari Tangerang Banten, Indonesia.

Lebih ringkasnya lagi dia ada di deretan ruko-ruko (nama ruko nya itu Benton Junction), Benton Junction ada di seberang UPH persis.

Ruko Betawi Kitchen mudah banget dicari, apalagi dengan design cat ruko yang bewarna hijau muda dan bersebelahan dengan Planet Noodle (Nembus sama Planet Noodle). Nah ini dia penampangannya :

Source : Zomato
Source : Zomato

Betawi Kitchen adalah restoran yang menyajikan makanan-makanan khas Betawi (soto betawi, soto tangkar, nasi uduk, sate ayam, rujak, asinan, dan banyak lainnya). Dari namanya aja udah jelas (hahaha gak perlu ditanyakan lagi).

Dan apa emang makan di kitchen? Ya gak sih. Makan nya di meja dan duduk dikursi layaknya di restoran biasa kok. Tapi di dalam ruko itu kira-kira ada 3 gerobak yang dimana makanan-makanan itu dibuat. Kita bisa lihat mereka nyiapin/masak makanan yang lagi dipesan.

Dekorasi ruko nya oke banget dengan konsep gerobak-gerobak di dalam. Aksesoris lainnya pun juga Betawi banget lohh. Oke perut udah laper dan selama perjalanan dari UPH sampai di Betawi Kitchen kita udah mikirin mau pesen apa. Awalnya gw dan Ms. Con sepakat makan Soto Betawinya yang rasanya joss.

Tapi setelah sampai disana, gw ngeliat ada menu soto tangkar. Penasaran mau nyobain tuh soto tangkar kaya apa. Sebelum pesen gw tanya dulu apa itu soto tangkar ke waiter nya.
“Soto tangkar itu kaya gimana ya?” Tanya gw yang sedang kelaparan.
“Sama aja kaya soto betawi cuma beda kuahnya.” Jawab si waiter yang menjelaskan dengan gamblangnya.
“Oke deh soto tangkar nya 1, nasi nya 1 ya.” Imbuh gw yang tertarik dan pengen tau kaya gimana soto tangkar yang katanya cuma beda di kuah.
“Saya soto betawi 1, nasi 1 ya.” Ucap Ms. Con dengan lancar dan yakinnya memesan menu yang udah dia idam-idamkan sedari tadi.

Kenapa gak pesen soto betawi juga? Alasannya gw udah pernah coba soto betawi disini. Soto tangkar belum, jadi tertarik. Emang selain soto betawinya, menu apalagi yang pernah dipesan di Betawi Kitchen? Pernah Pesen nasi uduk isinya macem-macem dan banyak, dan nasi goreng pete. Dan gak usah ditanya. Semua enakkkk.

Sambil ngobrol dan ngegosip tentang tempat makan enak bersama Ms. Con, akhirnya pesanan kita satu persatu tiba.

SOTO BETAWI (IDR 40,000++)

Soto Betawi IDR 40,000 ++ (excl. tax)
Soto Betawi

Soto betawi nya Ms. Con dateng paling duluan, gw yang udah laper cuma bisa mupeng liatin Ms. Con makan sambil menantikan soto tangkar gw. Soto betawi di Betawi Kitchen gurih-asin gitu kuahnya, dan bener-bener Betawi banget, pastinya enak dan gak akan nyesel. Walopun harganya emang lumayan pricey. Di foto emang mungkin keliatan cuma kuah dan emping. tapi itu belum diaduk, daging sapinya pada tenggelem dibawah. Isi dagingnya gak begitu banyak dibanding kuahnya yang melimpah.

SOTO TANGKAR (IDR 40,000++)

Soto Tangkar IDR 40,000 ++ (excl. tax)
Soto Tangkar

Soto tangkar gw akhirnya dateng. Bener kata masnya. Kalo bedanya cuma di kuah. Isinya semua sama kaya punya Ms. Con. Jadi apa rasa kuah soto tangkar? Dia lebih manis, tidak asin, tapi tetap gurih, dan agak pedes (tapi pedesnya gak bakalan sampe kebakar lidahnya, cuma berasa lebih pedes daripada soto betawi). Harga sama aja kaya soto betawi.

Untuk nasi sayangnya gw lupa foto. Tapi nasinya porsinya normal. Gak banyak gak sedikit. Harganya sekitar IDR 7,000.

Jadi enakan mana sama Haji Mamat? Pertanyaan yang berat kalo disuruh ngebandingin antara haji mamat dan Betawi Kitchen (Bagi yang belum pernah baca review tentang Haji Mamat bisa dibaca disini). Tapi semua ada plus minusnya. Baiklah akan gw jabarkan satu demi satu.

Haji Mamat
(+) Pros:
– Harga murah (sotonya 30rban, nasi 5rb)
– Dagingnya melimpah, dipiring terpisah (ongseng) 1 porsi bisa makan berdua
– Soto betawi sedia kuah bening

(-) Cons:
– Tempat kurang nyaman (panas)
– Kuah kurang begitu enak dibanding Betawi Kitchen
– Empingnya pelit, udah terendem, gak berasa ada emping

 Betawi Kitchen
(+) Pros:
– Kuah melimpah dan enak banget
– Empingnya besar-besar dan masih garing
– Ambience nya ok
– Ada pilihan soto tangkarnya

 (-) Cons:
– Harganya mahal
– Dagingnya sedikit

Apa akan re-visit lagi? Tentu aja iya! Apalagi restonya berada di seberang kampus, pasti masuk jadi pilihan tempat makan kalo setelah ngampus.
Tapi tetep aja jangan makan soto betawi sering-sering deh. Santen dan kolesterol adalah 2 kata kunci paling atas kalo udah ngomongin soto betawi.

Grand total makan di Betawi Kitchen? IDR 118,000 (incl. service charge 5% dan tax 10%)

logo

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Write a comment

error: Konten diproteksi!!