Chinese CULINARY Jakarta

BAKSO AKIAW 99 MANGGA BESAR

Mangga besar (mangbes) selain merupakan tempat kelahiran gw, mangbes pun merupakan surganya kuliner. Tapi versi jadul yaa, bukan yang hits dan kekinian seperti di PIK. Beda aliran hahaha.

Bakso asal medan ini tepatnya berada di Jalan Mangga Besar Raya No. 2B, Kec. Tamansari, Jakarta. Berada di sebuah ruko, tempat makan cuman berada di lantai 1. Gak ada lantai 2. Ukuran ruko nya lumayan luas dan bisa menampung banyak customer, tidak ada AC, karena pintu rolling door nya terbuka terus jadi hanya disedikan kipas angin.

Kita dateng hari sabtu malem dan lagi musim hujan, hasilnya adalah meja pada full diduduki oleh pencinta bakso akiaw. Kita tunggu sekitar 3-5 menit, baru bisa dapet tempat duduk. Menurut gw hujan dan tempat makan bakso ramai ada korelasi nya, yaitu ketika hujan enaknya makan bakso, makanya pas kita dateng rame banget. Oke abaikan korelasi gak jelas diatas. Hahaha.

Bakso akiaw ini adalah tipe bakso ala chinese (karena menurut gw bakso ada jenis nya bedasarkan daerah, misal daerah indo aja ada bakso malang, dsb).

BAKSO AKIAW POLOS (IDR 42,000/10 pcs)

20160220_183711 edited
Bakso Akiaw Setengah Porsi

Bakso Akiaw banyak jenisnya ada yang pakai kikil, urat, yang mana gw gak doyan, jadinya terpesanlah bakso polos biasa. 1 porsi itu berisi 10 bakso, bagi 2 dengan Mr. V karena gw sebenarnya kenyang. Jadi masing-masing 5 pcs. Tentu aja yang bagi adalah kita sendiri, dari pihak resto cuma disiapin 2 mangkok, yang 1 nya kosong, 1 nya lagi berisi 10 bakso + kuahnya. Untuk garnishnya seperti bawang goreng, seledri, daun bawang disiapkan di piring terpisah, kita tinggal tabur sesuka hati mau berapa banyak, mau pakai atau tidak. Kuah yang disiapkan akiaw juga sangat bening seperti air, Kita tinggal racik sendiri mau dipakai cuka, kecap manis, atau sambal. Di mangkok gw teracik kuah dengan tambahan kecap manis dan sedikit cuka, tanpa sambal karena gw gak suka pedas.

Tekstur dalam Bakso Akiaw
Tekstur dalam Bakso Akiaw

Tekstur dalam bakso akiaw padat berisi, tenang gak kopong kok. Rasanya kenyal, gw percaya sih dia gak pakai boraks. Kuah nya enak mungkin karena racikan sendiri kali ya. Kalau kuah dari dia asinnya udah pas. Gw lebih suka kuah nya daripada bakso nya. No offense ya Akiaw. Gw masih doyan sama bakso chinese lain nya seperti Afung, atau bahkan resto bakso chinese ‘yang gak ternama’ deket rumah gw. Gw makan 3 bakso dan kenyang, sisa 2 bakso lainnya masuk kedalam mangkok Mr. V. Untung ada dia yang masih lapar dan masih sanggup habisin bakso gw. Silahkan hitung sendiri Mr. V makan berapa bakso? Kirim jawaban kalian dikomen bawah ya hahaha.

BADAK (IDR 10,000++)

Badak
Badak

Gw gak tau badak itu minuman apaan. Ternyata seperti sarsaparilla, atau seperti root beer tapi kurang bersoda dan lebih manis. Gw lebih suka yang bersoda tapi less sweet seperti root beer daripada manis banget + kurang soda. Cuma ya boleh lah nyobain minuman ini. Jujur gw jarang ketemu minuman ini dijual di resto lain. Disajikan di botol seperti minuman soda pada umumnya, dan gelas berisi pecahan es batu.

LIANG TEH (IDR 10,000++)

Liang Teh
Liang Teh

Ini minuman favorit Mr. V, gw gak begitu suka liang teh, mungkin karena ada rasa manis (maklum gw lebih suka minum teh pahit daripada teh manis). Memang manisnya samar-samar sih, cuma lebih enak teh pahit.

Apa gw akan re-visit lagi? Sepertinya tidak, gw akan bopong Mr. V ketempat resto bakso enak deket rumah gw, lagipula buat apa makan bakso tapi gw cuman berasa enak di kuah nya aja. Jadi kurang nge-bakso deh menurut gw.

Grand total makan di Bakso Akiaw 99? Lupa tepatnya berapa kira-kira IDR 60,000an.

 

logo

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Comments (2)

  • wkwkkwkw… mau ksini lagi yukkk wkwkwkwk

     
    Reply
    • gak mau ah. Wkwkwkwk tp kalau minum badak mau

       
      Reply

Write a comment

error: Konten diproteksi!!