PRODUCT

TROPICANA SLIM LESS FAT NOODLE AYAM BAKAR

Mi instan memang selalu menjadi makanan yang mudah didapat karena tersedia di minimarket, mudah dimasak karena hanya butuh air bersih untuk merebus, cepat karena hanya butuh waktu 5 menit untuk memasaknya dan cukup mengenyangkan.

Mi instan yang biasa saya beli merknya cukup terkenal, tapi sayangnya untuk satu bungkus mi instan mengandung 400an kkal. Bayangkan kalau makan 2 bungkus bahkan dengan telur, malah ada temen gw yang makan pakai nasi juga. Enak, murah dan mengenyangkan emang ciri-ciri orang Indonesia banget ya hahaha. Tapi kalorinya gak terbayangkan deh.

Begitu mendengar perusahaan Nutrifood mengeluarkan varian Tropicana Slim Mi Instant, langsung dong bisa menebak tujuan awal Tropicana Slim selalu berinovasi atau memproduksi makanan yang awalnya ditakuti orang banyak khususnya cewek-cewek diet yang gak mau makan mi instant dengan kalori yang besar.

Tampak Depan Bungkus Tropicana Slim
Tampak Depan Bungkus Tropicana Slim Ayam Bakar

Dibungkusnya, tercantum kalau produk ini :

  1. Less fat noodle yang artinya lebih rendah lemak.
  2. Lebih rendah natrium, yang mana Natrium itu adalah garam, namanya diet pastinya menghindari banget yang namanya garam, karena garam ini bisa mengikat air dalam tubuh kita, sehingga kita gak dehidrasi, bayangin aja kalau kita kekurangan garam, tidak ada yang mengikat air ditubuh kita, semua air terbuang dari sistem tubuh kita dan kita akan kekurangan air. Tapi kebanyakan natrium atau garam juga gak baik, apalagi yang takut darah tinggi, atau ada penyakit jantung.
  3. Sumber 6 vitamin dan 1 mineral. Pastinya memang mie bahkan bumbunya gak mengandung secara alami vitamin sebanyak itu. Pastinya mengalami proses penambahan vitamin dari luar. Vitamin yang terkandung dalam 1 bungkus mi instan ini adalah Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, Asam Folat, dan untuk mineralnya terkandung kalsium dan besi.
  4. Sumber serat. Memang sih ini mi instan bukan buah, jadi pada naturalnya tidak mengandung serat, dan lagi-lagi ditambahkan kedalam adonan mie-nya. Tertulis dibagian ingredients terkandung serat makanan (bubuk selulosa / cellulose powder).

Gak heran begitu liat kemasannya pertama kali, gw merasa ini mi instant kok ‘sehat’ banget ya. Tambahannya vitamin, mineral, dan seratnya juga berguna bagi pelaku diet. Khususnya rendah lemak dan rendah garam. Cocok banget kalau yang lagi diet rendah garam. Karena di jurusan gw yaitu food technology disarankan untuk lebih teliti lagi dalam membeli atau memilih produk, dalam kata lain baca yang jelas ingredients/bahan yang digunakan dan juga perhatikan info nilai gizinya. Dengan berat 64 gram (sama dengan berat mie instant merk lainnya), Tropicana Slim Ayam Bakar ini mengandung 240 kkal. Agak seneng karena tahu kalorinya setengahnya dari merk mie instant yang biasa gw makan.

 

Bagian Belakang Kemasan Mi Instan Tropicana Slim Ayam Bakar
Bagian Belakang Kemasan Mi Instan Tropicana Slim Ayam Bakar

Petunjuk cara memasak juga jelas terdapat pada belakang kemasan. Tapi gw yakin gak ada orang yang gak bisa masak mie instant kan? Hahaha. Kode produksi, nomor BPOM, alamat perusahaan, lambang halal pun tercetak lengkap di kemasan mi instant Tropicana Slim Ayam Bakar ini.

Agak aneh begitu mendengar ada rasa ayam bakar, membayangkan rasanya akan seperti apa ya. Biasanya makan mi instant selalu rasa yang mie instant goreng yang biasa, paling jauh pun makan yang rasa rendang dan itu menurut gw aneh. Dan kali ini adalah ayam bakar.

Daripada cuma ngebayangin, lebih baik mi instant ini gw buka, dan gw masak supaya gw bisa mencoba mi instant varian terbaru dari Nutrifood.

Mie Instant sebelum dimasak
Mie Instant sebelum dimasak

Mienya keriting kecil-kecil, dan biasanya mie instant selalu contact langsung dengan bungkus plastiknya, kali ini diberi wadah kecil plastik. Menurut gw sih biar tetep utuh dan gak mudah hancur saat transportation ataupun storage. Jadi saat sampai dirumah kita, mienya gak ancur, apalagi yang namanya pegawai supermarket suka ada kesalahan mungkin jatuh dari rak atau terbanting-banting. Good idea.

Bumbu Mi Instant Tropicana Slim Ayam Bakar
Bumbu Mi Instant Tropicana Slim Ayam Bakar

Walaupun udah diberi wadah plastik kecil, tetep saja masih ada beberapa pecahan mie keringnya. Tapi tidak sebanyak seperti mie instant lainnya. Bumbunya pun ada 4 macam. Bumbu bubuk, bubuk cabai, kecap, dan minyak. Minyaknya pun tetap berwarna coklat seperti ada kecapnya.

Tuang Bumbu, kecap, dan minyak
Tuang Bumbu, kecap, dan minyak

Tuang ke piring/mangkok bumbunya terlebih dahulu, jujur kecapnya terlalu kental, tidak mudah mengalir keluar, masih banyak kecap yang tertinggal di plastiknya, makanya plastik kecapnya harus dipijat, supaya mudah keluar dan itu pun juga masih susah. Pada akhirnya seperti digambar, kecap dimangkok hanya sedikitm itupun menempel pada dinding piring.

Setelah Mie nya dimasak
Setelah Mie nya dimasak

Setelah mie nya direbus, pastinya langsung ditiriskan airnya (karena ini mie goreng bukan mie kuah), campur dengan bumbu tadi.

20160330_165521 edited
Mi Instant Tropicana Slim Ayam Bakar setelah diaduk

Agak kecewa dengan kecapnya, seperti yang udah diceritakan sebelumnya tentang kecap yang sulit keluar dari plastik, ternyata tekstur kecapnya sangat kental sekali. Sampai-sampai harus pakai bantuan garpu untuk menggosok-gosok kecap di piring supaya bisa tercampur rata dengan mienya. Tekstur kecapnya seperti tekstur caramel, agak lengket.

Aromanya setelah mie bercampur dengan bumbu adalah bau ayam bakar yang aneh. Malah terlalu bau rempah-rempah.

20160330_165848 edited
Mi tidak mudah putus

Tekstur mienya sangat bagus, kenyal dan tidak muduah putus. Begitu gigitan pertama agak ada sedikit rasa asam, seperti asam jeruk nipis tapi sangat sedikit. Jadi bener-bener seperti lagi makan ayam bakar yang diperesin jeruk nipis atas ayamnya. Tapi rempah-rempahnya yang paling kuat. Bener-bener gak suka karena bau dan rasanya.

Memang ya packaging selalu menampilkan foto hasil produk yang menggiurkan, dipackaging mie nya terlihat terlalu coklat seperti mie tek-tek langganan depan komplek gw. Tapi malahan nyata hasilnya mienya pucet, kecap susah keluar, gimana mau tercampur dengan rata. Porsinya normal seperti 1 bungkus mie instant pada normalnya. Tapi karena dasarnya gw tidak menikmati rasa dan aromanya, gw merasa mie gw tidak habis-habis dimakan hahaha.

Karena berhubung lagi lapar, efek lupa makan dari siang, dan gw bukan tipe pemakan yang menyisakan makanan, gw habiskan dengan berbagi dengan adek dan nyokap gw. Mereka mengatakan yang serupa yaitu rempah-rempahnya terlalu menyengat dan buat rasanya jadi gak enak.

Untuk pembaca yang sedang membaca review ini, saya sarankan jangan takut mencoba, karena mungkin saja selera kita berbeda. Lagipula tidak ada salahnya mencoba sekali, mana tau malah ini sesuai dengan selera reader disini hehehe. Jujur kalau saya tidak mau mencoba lagi, karena gak suka dengan rasa dan aromanya. Tapi mengharapkan banget rasa bisa seenak dengan mie instant merk andalan gw dari dulu tapi gizi dan nutrisinya sebaik tropicana slim ini. Memang yang berlemak dan mengandung banyak garam paling gak ada tandingannya. Tapi makanan sehat selalu deh gak seenak makanan yang tinggi lemak dan garam.

Bagi yang bingung mau beli dimana, bisa langsung kunjungin minimart bahkan supermarket terdekat. Atau di jaman serba online ini, bisa langsung buka website nutrimart.co.id lalu belanja online disana. Tapi sayang untuk belanja di website dan khusus untuk produk ini minimal sebanyak 5 pcs (tidak bisa mix rasa). Harganya sekitar 8,000 rupiah untuk 1 bungkusnya. Lumayan pricey ya untuk 1 bungkus. Tapi untuk mie instant dengan banyak kelebihan seperti ini, harga 8,000 rupiah pun jadi tidak berasa. Tapi rasa dari mienya, ah sudahlah. Semua balik lagi ke selera masing-masing.

Semua review diatas jujur berdasarkan penilaian gw sebagai Missnomnom. Semoga review ini bermanfaat bagi reader semua yang masih galau memutuskan ingin beli untuk mencoba atau tidak.

 

 

logo

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Write a comment

error: Konten diproteksi!!