CULINARY Indonesian Jakarta

Hunting Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018

Hai apa kabar semuanya? Di post kali ini Miss NomNom mau share tentang acara yang aku kunjungi akhir pekan lalu, yaitu Festival Jajanan Bango (FJB). Udah pernah sering denger dong kalau setiap tahunnya Bango gak pernah absen untuk selenggarain festival kuliner nusantara kaya gini. Tahun ini acaranya diselenggarakan pada tanggal 14-15 April 2018. Aku datang pas menyajikan jajanan kuliner khas Indonesia, ada 80 macam kuliner lohh. Banyak banget kan pilihannya. Biaya masuk ke FJB seorangnya hanya 10 ribu dan bisa ditukar dengan produk Kecap Bango.

Jajanan di FJB2018 yang aku beli

Pas aku kesana banyak banget pilihan jajanannya, aku sampai bingung mau coba yang mana, untung aku pergi rame-rame dengan teman foodies lainnya, asik deh bisa sharing dan cicip makanan lebih banyak ragam tanpa perlu bikin perut begah. Harganya juga terjangkau banget loh, sekitar 30-40 ribu rupiah.

SATE MARANGGI

Sate Maranggi

Siapa yang gak suka sate? Aku sih suka banget sate, pilihan menu ini jadi pilihan pertama ku pas mau mulai jajan disini. Ini sate daging sapi yaa, rasanya sih mantep banget gak diragukan lagi, manis kecapnya juga oke, soalnya pake kecap andalanku di rumah sih yaitu kecap Bango.

MIE ACEH SEULAWAH

Mie Aceh Seulawah

Parah deh mie ini, bumbu rempahnya rich, bikin ketagihan dan pengen mau lagi. Ini yg versi gorengnya yaa. Ada yang kuah juga, cuma aku lebih tertarik yang gorengnya. Kata orang-orang sih yang gorengnya lebih enak.

NASI GORENG KEBULI APJAY

Nasi Goreng Kebuli Pak Apjay

Kata orang-orang ini enak dan terkenal, aku sih belum tau sebelumnya, baru tau sekarang. Telat banget deh. Tapi pas nyobain, yaa sayang cuma makan ini nyicip, rasanya enak. Bumbunya sih ini yang bikin enak, daging kambingnya juga gak bau. Porsi nasi gorengnya juga besar.

NASI PINDANG PAK NDUT

Nasi Pindang Pak Ndut

Nah ini makanan khas Semarang, aku sih orangnya agak kurang update makanan khas daerah lain, tapi ini enak juga ternyata, ini pilihan teman ku. Awalnya aku kira ini rawon, tapi kok rawon coklat, ternyata namanya nasi pindang. Nasi dan daging sapi disiram kuah yang namanya pindang. Kuahnya bersantan jadi gurih deh. Nasi pindang pak ndut udah terkenal di Semarang. Wajib coba deh ini. Kayanya kalau ada di Jakarta aku mau beli lagi, atau kalau ke Semarang must visit nih kesini. Semoga di FJB tahun 2019 ada lagi nasi pindang pak ndut.

LONTONG BALAP

Lontong Balap

Makanan khas Surabaya yang udah terkenal nih. Namanya lontong balap, aku belum pernah makan juga sebelumnya, aku bingung kok lontong ya, aku kira sayur toge kecap, gak taunya lontong balap. Jadi lontong balap itu menu lontong, toge, dan lento (semacam kacang) disiram dengan kuah yang warnanya coklat. Kuahnya bening gak bersantan, jadi ringan saat dimakan. Kalau masalah namanya kenapa balap, aku kurang ngerti gimana sejarahnya, unik ya namanya.

ES OYEN

ES DUREN

Abis kenyang makan makanan berat, kurang rasanya kalau gak makan dessert, mana cuaca lagi panas, paling enak makan es deh. Aku pesen es oyen dan es duren untuk sharing. Super enak dan pas dimakan siang hari.

TIPS KULINERAN DI FESTIVAL JAJANAN BANGO:

FJB 2018 sudah berakhir, tapi pasti ada FJB ditahun depan, 2019. Aku akan share tips yang berguna saat kulineran di FJB.

  1. Tempatnya mungkin akan berganti venue ditahun depan, karena setahu ku FJB ganti venue terus. Tapi yang pasti sih tempatnya outdoor. Kalau mau datang pakai baju yang senyaman mungkin, kasual aja, bahan yang nyerep keringat. Kalau datang sore-sore mungkin udah gak panas lagi sih. Saran datang sore-malam. Karena buka sampai jam 10 malam, cuma kalau mau hunting foto sih bagus perginya jam 10-12 gitu lah cahaya lagi bagus dan sekalian lunch.
  2. Siapin uang untuk jajan pastinya. Bawa pecahan lima ribuan yang banyak, soalnya susah uang kembaliannya. Karena makanannya banyak kelipatan lima seperti 25, 30, 35, 45 ribuan.
  3.  Bawa payung, gak tau kan bakalan hujan atau gak, yang pasti sedia payung sebelum hujan ya.
  4. Ajak teman atau keluarga, karena makanan disini enak-enak, kalian bakalan tergoda untuk nyoba banyak macam menu, jadi daripada gak kecoba semua lebih baik terapin sistem sharing. Tapi kalau kuat makan sendiri dan gak sharing ya gak apa-apa juga sih hehe.

Yuk yang kemarin ini ikut FJB 2018, sharing kalian makan apa aja disana? Kalau belum kesampean wajib ikut tahun depan yaa. Untuk infonya pantengin terus instagram @Bangowarisankuliner.

 

 

creative wordpress theme

Taste
Price
Comfort

Write a comment

error: Konten diproteksi!!